Siapakah Tom Cruise?

Thomas Cruise Mapother IV, dikenal secara profesional sebagai Tom Cruise, lahir pada tanggal 3 Juli 1962. Cruise adalah aktor dan produser Amerika, dan merupakan baccarat online uang asli salah satu aktor dengan bayaran tertinggi di dunia, setelah menerima tiga Penghargaan Golden Globe, nominasi untuk British Academy Film Award, dan tiga Academy Awards sepanjang kariernya. Film-filmnya telah meraup lebih dari $4 miliar di Amerika Utara dan lebih dari $10,1 miliar secara global, menjadikannya salah satu bintang box office berpenghasilan tertinggi sepanjang masa.


LATAR BELAKANG


Thomas ‘Tom’ Cruise Mapother IV lahir di Syracuse, New York, pada 3 Juli 1962. Thomas Cruise Mapother III dan Mary Lee Cruise adalah orang tuanya. Dia keturunan Jerman, Irlandia, dan Inggris dan menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Kanada. Lee Anne, Marian, dan Cass Cruise adalah tiga saudara perempuan Cruise. William Mapother, salah satu sepupunya, juga seorang aktor yang telah tampil dalam lima film bersama Cruise. Cruise tumbuh dalam kemiskinan yang nyaris hina dan dibesarkan sebagai seorang Katolik. Di kemudian hari, dia menggambarkan ayahnya sebagai “pedagang kekacauan”, “pengganggu”, dan “pengecut” yang melecehkan anak-anaknya.

Karier awal Cruise sebagai aktor dimulai saat ia berusia 19 tahun dengan peran kecil dalam film tahun 1981 “Endless Love”. Cruise memperluas karir awalnya dengan tampil di beberapa film lagi. Pada tahun 1983, ia berperan sebagai Joel Goodson dalam komedi hit “Bisnis Berisiko”. Terobosan besar Cruise datang pada tahun 1986 ketika ia berperan sebagai Letnan Pete dalam film drama aksi “Top Gun”.

Film ini sukses besar, mengukuhkan statusnya sebagai superstar. Kesuksesannya berlanjut hingga akhir 1980-an dengan film-film seperti “The Color of Money” (1986), “Cocktail” (1988), dan “Born on the Fourth of July” (1989). Dia juga sukses pada tahun 1996 ketika dia memerankan Ethan Hunt dalam film mata-mata dan aksi “Mission: Impossible”. Film ini sukses besar di box office, menelurkan banyak sekuel.

Sepanjang akhir 1990-an dan awal 2000-an, Cruise tetap sangat bankable dan populer, membintangi film seperti “Eyes Wide Shut” (1999), “Vanilla Sky” (2001), “Minority Report” (2002), “The Last Samurai” (2003), “Agunan” (2004), “Rock of Ages” (2012), dan “Edge of Tomorrow” (2014).

Sejak itu, Cruise telah memantapkan dirinya sebagai salah satu aktor dengan bayaran tertinggi di dunia. Dia telah bekerja dengan beberapa aktor terbaik dunia. Dia terkenal karena perannya sebagai Ethan Hunt dalam serial film “Mission: Impossible”. Dengan penghasilan lebih dari $2 miliar di seluruh dunia, serial ini adalah serial film berpenghasilan kotor tertinggi ke-17 sepanjang masa.

Cruise telah menikah dengan Mimi Rogers, Nicole Kidman, dan Katie Holmes, semuanya adalah aktris. Dia memiliki tiga anak. Dua diadopsi selama pernikahannya dengan Kidman dan satu adalah putri kandungnya dari hubungannya dengan Holmes. Cruise adalah pendukung Gereja Scientology yang blak-blakan dan program sosialnya, yang ia hargai karena membantunya mengatasi disleksia. Dia memicu kontroversi pada tahun 2000-an dengan kritiknya yang berafiliasi dengan Gereja terhadap psikiatri dan obat antidepresan, upayanya untuk mempromosikan Scientology sebagai agama di Eropa, dan wawancara video yang bocor di mana dia mempromosikan Scientology.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *